BB200 | |
---|---|
BB 200-03 di Stasiun Solobalapan | |
Sumber tenaga Diesel elektrik | |
Perusahaan pembuat | General Motors (USA) |
Spesifikasi | |
Konfigurasi | [[Notasi Whyte#|]] |
Susunan roda AAR | A1A-A1A |
Lebar trak | 1.067 mm |
Panjang | 13.106 mm |
Lebar | 2.794 mm |
Berat lokomotif | 75 ton |
Motor traksi | 4 buah |
Kecepatan maksimum | 110 km/jam |
Keluaran daya | 950 HP |
Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
- Dipo Lokomotif Semarang Poncol (BB200-21, BB200-29)
- Dipo Lokomotif Tanjung Karang (BB200-07, BB200-14)
[sunting]Profil Lokomotif BB200
- Panjang body : 13106 mm
- Lebar body : 2794 mm
- Berat kosong : 70 ton
- Daya mesin : 950 HP
- Jumlah motor traksi : 4 buah
- Kecepatan maksimum : 110 km/jam
Mesin
- Mesin Diesel :EMD-G8
- Kompresi : 2 Langkah
- Transmisi : Diesel Electric
- Generator-Motor Traksi : DC-DC
- Kapasitas Bahan Bakar : 1547 Liter
- Kapasitas Pasir : 251 Liter
- Kapasitas Air Pendingin : 412 liter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar