Rabu, 14 September 2011

Kereta api Argo Dwipangga

Kereta api Argo Dwipangga
Argo dwipangga.jpg
Kereta Api Argo Dwipangga melintasi stasiun Manggarai, Jakarta
Info
Kelas Eksekutif (Eksa) Argo
Sistem Kereta api ekspres
Status Beroperasi
Lokal Daop VI Yogyakarta
Stasiun terminus Stasiun Solo Balapan
Stasiun Gambir
Jumlah stasiun 7
Rute pelayanan 1
Operasional
Dibuka 21 April 1998 [1]
Pemilik PT Kereta Api Indonesia
Operator Daerah Operasi VI Yogyakarta
Depo Solo Balapan
Lokomotif CC 203, CC 204
Teknis
Jarak tempuh 576 kilometer
Lebar trak 1067 mm
Elektrifikasi -
Kecepatan operasi 55 - 100 Km/jam
Elevasi tertinggi 559 m (Kranggan, Banyumas)
[sembunyikan]Peta Rute
(Keterangan: Ls.: berjalan langsung, kereta tidak berhenti di stasiun yang terdapat tanda ini)
(KA Argo Dwipangga arah Jakarta tetap berhenti di Stasiun Kutoarjo dan Jatinegara)


Continuation backward

Ke Madiun, Surabaya
Station on track

Stasiun Solo Balapan
Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right

Ke Wonogiri
Station on track

Ls. Stasiun Purwosari
Stop on track

Ls. Stasiun Gawok
Stop on track

Ls. Stasiun Delanggu
Stop on track

Ls. Stasiun Ceper
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Ketandan
Station on track

Stasiun Klaten
Stop on track

Ls. Stasiun Srowot
Stop on track

Ls. Stasiun Brambanan
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Kalasan
Stop on track Airport

Ls. Stasiun Maguwo
Station on track

Ls. Stasiun Lempuyangan
Station on track

Stasiun Yogyakarta
Stop on track

Ls. Stasiun Patukan
Stop on track

Ls. Stasiun Rewulu
Stop on track

Ls. Stasiun Sentolo
Stop on track

Ls. Stasiun Wates
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Kedundang
Stop on track

Ls. Stasiun Wojo
Stop on track

Ls. Stasiun Jenar
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Montelan
Unknown route-map component "KMW"

Batas Daop VI YK - Daop V PWT
Continuation to left Unknown route-map component "KRWg+r"

Ke Purworejo
Station on track

Ls. Stasiun Kutoarjo
Stop on track

Ls. Stasiun Butuh
Stop on track

Ls. Stasiun Prembun
Stop on track

Ls. Stasiun Kutowinangun
Stop on track

Ls. Stasiun Wonosari
Station on track

Ls. Stasiun Kebumen
Stop on track

Ls. Stasiun Soka
Stop on track

Ls. Stasiun Sruweng
Station on track

Ls. Stasiun Karanganyar
Station on track

Ls. Stasiun Gombong
Enter and exit tunnel

Terowongan Ijo
Stop on track

Ls. Stasiun Ijo
Stop on track

Ls. Stasiun Tambak
Stop on track

Ls. Stasiun Sumpiuh
Stop on track

Ls. Stasiun Kemranjen
Station on track

Ls. Stasiun Kroya
Junction to left Continuation to right

Ke Cilacap, Bandung
Stop on track

Ls. Stasiun Randegan
Stop on track

Ls. Stasiun Kebasen
Enter and exit tunnel

Terowongan Kebasen
Transverse water Bridge over water Transverse water

Jembatan Kali Serayu
Enter and exit tunnel

Terowongan Notog
Stop on track

Ls. Stasiun Notog
Station on track

Stasiun Purwokerto
Stop on track

Ls. Stasiun Karanggandul
Stop on track

Ls. Stasiun Karangsari
Stop on track

Ls. Stasiun Legok
Stop on track

Ls. Stasiun Patuguran
Stop on track

Ls. Stasiun Kretek
Transverse water Bridge over water Transverse water

Jembatan Sakalimolas
Stop on track

Ls. Stasiun Bumiayu
Stop on track

Ls. Stasiun Linggapura
Stop on track

Ls. Stasiun Prupuk
Continuation to left Junction to right

Ke Tegal
Unknown route-map component "KMW"

Batas Daop V PWT - Daop III CN
Stop on track

Ls. Stasiun Songgom
Stop on track

Ls. Stasiun Larangan
Stop on track

Ls. Stasiun Ketanggungan
Stop on track

Ls. Stasiun Ketanggungan Barat
Stop on track

Ls. Stasiun Ciledug
Stop on track

Ls. Stasiun Karangsuwung
Stop on track

Ls. Stasiun Sindanglaut
Stop on track

Ls. Stasiun Luwung
Continuation to left Unknown route-map component "KRWg+r"

Ke Semarang
Station on track

Ls. Stasiun Cirebon
Stop on track

Ls. Stasiun Cangkring
Stop on track

Ls. Stasiun Bangoduwa
Stop on track

Ls. Stasiun Arjawinangun
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Kaliwedi
Stop on track

Ls. Stasiun Kertasemaya
Station on track

Ls. Stasiun Jatibarang
Stop on track

Ls. Stasiun Telagasari
Stop on track

Ls. Stasiun Terisi
Stop on track

Ls. Stasiun Kadokangabus
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Halte Cipedang
Stop on track

Ls. Stasiun Cilegeh
Station on track

Ls. Stasiun Haurgeulis
Stop on track

Ls. Stasiun Cipunegara
Stop on track

Ls. Stasiun Pegadenbaru
Stop on track

Ls. Stasiun Cikaum
Stop on track

Ls. Stasiun Pasirbungur
Stop on track

Ls. Stasiun Pringkasap
Stop on track

Ls. Stasiun Pabuaran
Stop on track

Ls. Stasiun Tanjungrasa
Unknown route-map component "KMW"

Batas Daop III CN - Daop I JAK
Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right

Ke Bandung
Station on track

Ls. Stasiun Cikampek
Stop on track

Ls. Stasiun Dawuan
Stop on track

Ls. Stasiun Kosambi
Stop on track

Ls. Stasiun Klari
Station on track

Ls. Stasiun Karawang
Stop on track

Ls. Stasiun Kedunggedeh
Stop on track

Ls. Stasiun Lemahabang
Stop on track

Ls. Stasiun Cikarang
Stop on track

Ls. Stasiun Cibitung
Stop on track

Ls. Stasiun Tambun
Station on track

Ls. Stasiun Bekasi
Stop on track

Ls. Stasiun Kranji
Unknown route-map component "eHST"

Ls. Stasiun Rawabebek
Stop on track

Ls. Stasiun Cakung
Stop on track

Ls. Stasiun Klender Baru
Stop on track

Ls. Stasiun Buaran
Stop on track

Ls. Stasiun Klender
Stop on track

Ls. Stasiun Cipinang
Station on track

Ls. Stasiun Jatinegara
Continuation to left Junction to right

Ke Pasar Senen
Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right

Ke Bogor
Station on track

Ls. Stasiun Manggarai
Junction to left Continuation to right

Ke Tanah Abang
Unknown route-map component "BRÜCKEa"


Unknown route-map component "hHST"

Ls. Stasiun Cikini
Unknown route-map component "hHST"

Ls. Stasiun Gondangdia
Unknown route-map component "hBHF"

Stasiun Gambir
Unknown route-map component "hCONTf"

Ke Jakarta Kota
Kereta Api Argo Dwipangga adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Solo Balapan (SLO) dan sebaliknya.

Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 576 km dengan koridor Gambir - Solo Balapan, dalam waktu sekitar 8 jam dan hanya berhenti di Klaten, Yogyakarta, Karanganyar, Purwokerto, dan Jatinegara (arah Gambir). Argo Dwipangga dengan kapasitas 350-400 penumpang dan membawa 7-8 rangkaian kereta kelas eksekutif argo menawarkan alternatif perjalanan pada siang hari dari stasiun Gambir ke Solo Balapan dan perjalanan pada malam hari dari arah sebaliknya (berkebalikan dengan alternatif perjalanan yang ditawarkan oleh Kereta api Argo Lawu).
Pertama kali diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 21 April 1998 menggunakan nama KA Dwipangga. Akan tetapi seiring dengan tuntuan pelanggan yang menginginkan penambahan KA Argo jurusan Jakarta - Solo, maka KA Dwipangga sengaja dimodifikasi untuk layanan kelas eksekutif argo, sehingga brand-nya pun diganti menjadi KA Argo Dwipangga pada tanggal 5 Oktober 1998.
Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif dan penamaan Dwipangga memang sengaja dibedakan dengan argo lainnya yang lazim menggunakan nama gunung mengingat nama Dwipangga dirasakan sudah sangat melekat di benak pelanggan. Kata Dwipangga diambil dari sebutan kendaraan Dewa Indra berupa gajah yang setia dan mampu melindungi pengendaranya dalam segala cuaca, sehingga menumbuhkan kebanggaan dan prestise bagi penumpangnya. Rangkaian KA Argo Dwipangga terdiri dari 7-8 gerbong kelas eksekutif argo (K1), 1 Kereta Makan (KM), dan 1 Kereta Pembangkit Listrik (MP).
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar