Kamis, 29 September 2011

Kereta api Bima



KA 34 Biru Malam.jpg
KA 34 Bima menuju Stasiun Surabaya Kota
Info
KelasEksekutif
StatusBeroperasi
LokalDaop 1 Jakarta
Daop 8 Surabaya
Stasiun terminusSurabaya Gubeng
Jakarta Kota
Jumlah stasiun11
Rute pelayanan1
Jumlah jalur10033-10034
Operasional
Dibuka1 Juni 19679 Juni 1990 (kelas Eksekutif), 1 Agustus 2002 (Eksekutif Argo)
OperatorPT Kereta Api Indonesia
DepoJakarta Kota (JAKK)
LokomotifCC 201, CC 203, CC 204
Teknis
Jarak tempuh825 km
Kecepatan operasi60 s.d. 100 km/jam
[sembunyikan]Peta Rute
Head station
Jakarta Kota
Junction to left
+ Continuation to right
ke Ancol/Mangga Dua
Unknown route-map component "BRÜCKEa"
Unknown route-map component "hBHF"
Jakarta Gambir
Unknown route-map component "BRÜCKEe"
Continuation to leftJunction from right
ke
Unknown route-map component "xpBHF"
Jakarta Manggarai
Continuation to leftJunction to right
ke Tebet
Unknown route-map component "KRWg+l"
+ Continuation to right
ke
Unknown route-map component "xpBHF"
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Ir.Wiyoto Wiyono
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta
Unknown route-map component "AKRZ-AUKum"
Kraji Flyover
Unknown route-map component "xpBHF"
Bekasi
Unknown route-map component "xpBHF"
Continuation to leftJunction to right
ke Purwakarta
Station on track
Cirebon
Junction to left
+ Continuation to right
ke Brebes/Semarang
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Palimanan-Kanci
Unknown route-map component "xpBHF"
Ketanggungan
Continuation to leftJunction to right
ke Tegal lewat Lebaksiu
Station on track
Purwokerto
Continuation to leftJunction from right
ke Bandung / Cilacap
Station on track
Karanganyar
Unknown route-map component "xpBHF"
Kebumen
Station on track
Yogyakarta Tugu
Bridge over water
Kali Code, Yogya
Unknown route-map component "xpBHF"
Lempuyangan, Yogya
Unknown route-map component "AKRZ-AUKum"
Flyover Dr.Soetomo, Yogya
Station on track
Solo Balapan
Junction both to and from left
+ Continuation to right
ke Sumber Lawang
Unknown route-map component "xpBHF"
Sragen
Station on track
Madiun
Unknown route-map component "xpBHF"
Nganjuk
Station on track
Kertosono
Continuation to leftJunction to right
ke Blitar
Station on track
Jombang
Unknown route-map component "xpBHF"
Mojokerto
Unknown route-map component "xpBHF"
Tarik
Continuation to leftJunction to right
ke Sidoarjo
Unknown route-map component "AKRZ-AUKum"
Jalan Surabaya-Mojokerto
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Surabaya-Gempol
Unknown route-map component "AKRZ-AUKum"
Jembatan Mayangkara
Continuation to leftJunction from right
ke Sidoarjo / Malang
Unknown route-map component "xpBHF"
Wonokromo
Station on track
Surabaya Gubeng
Continuation forward
ke Surabaya Kota
Kereta api Bima adalah kereta api kelas eksekutif satwa yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Surabaya (SB) dan sebaliknya dengan melewati jalur selatan

Kereta api Bima pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 Juni 1967; mengawali sejarah pengoperasian kereta api berpengatur suhu ruangan/ Air Conditioner di Indonesia. KA ini melayani perjalanan koridor Jakarta - Surabaya lewatYogyakarta. Nama Bima merupakan singkatan dari Biru Malam, karena pada awal peluncurannya rangkaian KA ini bercat biru dan beroperasi pada malam hari. Selain itu, kata Bima dianalogikan pula dengan nama dari salah satu tokoh pewayangan Bima yang memang digambarkan memiliki karakter tubuh tinggi besar, kokoh, kekar, kuat dan pemberani. Karakter itu dilekatkan pada KA Bima untuk menggambarkan kehandalan perjalanan dan kualitas pelayanannya yang selalu siap dalam berbagai cuaca.

[sunting]Kelas

Di awal pengoperasiannya, KA Bima dilengkapi dengan kereta berfasilitas tempat tidur (couchette) dan eksterior kereta yang sengaja dicat dengan warna biru. Sejak tanggal 9 Juni 1990 KA Bima mengalami perubahan interior menjadi kereta kelas eksekutif dengan tetap dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC) dengan menghapus fasilitas kereta bertempat tidur. Perubahan layanan dilakukan lagi sejak tanggal 1 Agustus 2002 dengan mengganti rangkaian KA Bima dengan rangkaian kereta api sekelas Argo dengan kapasitas angkut sebanyak 400 orang (membawa rangkaian 8 kereta kelas eksekutif). Rangkaian KA Bima terdiri dari 8 gerbong kelas eksekutif argo (K1), 1 Kereta Makan (KM1), 1 Kereta Pembangkit Listrik (P), dan 1 Kereta Bagasi (B).

[sunting]Stasiun

Perjalanan Jakarta Kota - Surabaya Gubeng (825 km) melalui Lintas Selatan ditempuh dalam waktu kurang lebih 13 jam dan berhenti di stasiun Cirebon,PurwokertoYogyakarta TuguSolo BalapanMadiunKertosono, dan Jombang. Selain itu, banyak penumpang KA Bima yang melanjutkan perjalanan keDenpasar dengan menggunakan Kereta api Mutiara Timur.

[sunting]Kecelakaan

  • Pada bulan Oktober 2010, Kereta Api Bima menyerembet Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan gerbong paling belakang, di Stasiun Purwosari, Jawa Tengah,karena KA Gaya Baru Malam Selatan belum parkir penuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar