Sebagai upaya untuk selalu memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam, PT
Bank Central Asia Tbk (BCA) hari ini melakukan penandatanganan nota
kesepahaman dengan PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) (Persero).
Penandatanganan ini dilakukan oleh Suwignyo Budiman, Direktur BCA dan
Ignasius Jonan, Direktur Utama PT. KAI di Menara BCA, Jakarta, Senin
(11/6).
Pada kesempatan itu Suwignyo Budiman menyampaikan jika penandatanganan
nota kesepahaman ini merupakan langkah awal yang akan diteruskan dengan
Penandatanganan Kerjasama sehingga nantinya para pengguna jasa kereta
api yang merupakan nasabah BCA akan mendapatkan berbagai kemudahan.
Selain itu, sebagai mitra KAI, BCA siap untuk mendukung dalam
pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. “Merupakan suatu
kehormatan bagi kami dapat menjalin kerjasama dengan PT KAI (Persero)
yang melayani jasa angkutan kereta api yang luas mencakup beberapa
wilayah di Indonesia. Ini menandai komitmen kami dalam mendukung
pengembangan bisnis perusahaan di tanah air terutama di bidang layanan
transportasi publik”, tutur Suwignyo.
“Tingginya potensi penjualan tiket kereta api, ternyata masih dibarengi
dengan pembelian tiket oleh masyarakat melalui jalur konvensional yaitu
melalui loket di stasiun. Padahal, pembelian melalui jalur on line dan
pemanfaatan produk perbankan bisa lebih efisien, baik dari segi waktu
maupun biaya. Untuk itu, upaya kerjasama ini, diharapkan dapat
meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khususnya kemudahan dalam
pembelian tiket kereta api”, jelas Ignasius Jonan. Nota kesepahaman yang
terjalin antara BCA dengan PT KAI (Persero) ini dapat memberikan
berbagai kemudahan diantaranya pembayaran atas pembelian tiket kereta
api melalui berbagai delivery channel BCA, seperti ATM BCA, BCA
KlikPay, B2C e-Commerce MIGS selain melalui mesin-mesin EDC BCA yang
saat ini sudah tersedia di beberapa loket stasiun KAI. Transaksi mesin
EDC yang ditempatkan di stasiun KAI tersebut pada 2 bulan terakhir juga
menunjukkan cukup tingginya antusiasme pelanggan KAI untuk melakukan
pembayaran dengan menggunakan mesin EDC BCA dimana jumlah transaksi pada
bulan April - Mei 2012 mencapai 2.500 transaksi dengan total nominal
sebesar Rp. 2,5 M.
Kedepannya, kerjasama lainnya yang juga akan dikembangkan adalah Co
Branding Kartu Flazz Railcard untuk pembayaran tiket kereta api dan juga
sebagai sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama
serta Co-branding dengan Kartu TITAM untuk pembelian tiket antar moda.
BCA juga menyediakan integrated cash management melalui penggunaan KlikBCA Bisnis untuk pengelolaan rekening KAI dan BCA Virtual Account untuk penerimaan KAI selain ticket.
Direktur Komersial PT KAI (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito
menambahkan, pihaknya menyambut gembira kerjasama ini, dan berharap
dengan layanan Flazz Railcard atau e-channel BCA dapat mengurangi
antrean di stasiun kereta api. “Semoga kerjasama ini, bisa ditingkatkan
lagi dan tidak terbatas pada layanan itu saja”, imbuh Wimbo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar