CC205 | |
---|---|
Sumber tenaga Diesel elektrik | |
Perusahaan pembuat | General Motors Diesel - Electro Motive Diesel (EMD) |
Model | GT38AC |
Spesifikasi | |
Konfigurasi | CC 01-06 205 |
Susunan roda AAR | C-C |
Klasifikasi UIC | Co'Co' |
Lebar trak | 1.067 mm |
Bogie | Fabricated bogie (welded construction) |
Panjang | 17.678 mm |
Berat lokomotif | 108 ton |
Jenis bahan bakar | Diesel |
Kapasitas pendingin | 662 liters |
Konsumsi bahan bakar | 3800 liters |
Penggerak utama | GM-EMD 8 -710 G3A |
Jenis mesin | Motor diesel Serie 8 -710 G3A |
Alternator | TA 12/CA9 |
Motor traksi | 6 buah, tipe A 2916-8 |
Jumlah silinder | 8 |
Kecepatan maksimum | 80 km/jam |
Keluaran daya | 2300 HP |
Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC 202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini diperkirakan akan tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung akhir bulan September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia. Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38LCU. Artinya adalah: EMD GT38LCU : - G : General Purpose (Untuk segala keperluan) - T : Turbocharger (Dengan turbocharger) - 38 : mesin EMD 710 - 8 silinder - L : Lightweight (Ringan) - C : 6 gandar (6 Pasang roda terdiri dari 2 Bogi) - U : motor traksi universal (untuk gauge 1000 mm hingga 1676 mm) Dengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710 G3A , dengan jenis mesin 2 langkah (2 tak)dengan 8 silinder yang sudah dimodifikasi , sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan sistem rem 26L air brake system [sunting] Sistem OperasiMenggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi, kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya. |
Jumat, 09 September 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar